Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
Gaya HidupKesehatan

Mengenali Ciri-Ciri Tubuh Terkena Penyakit DBD

295
×

Mengenali Ciri-Ciri Tubuh Terkena Penyakit DBD

Share this article
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tomwang112

“Sangat penting untuk segera mencari bantuan medis”

Seketika.com, Jakarta –  Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit serius yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang terinfeksi.

Kondisi ini dapat berkembang menjadi serius bahkan mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali ciri-ciri terkena penyakit DBD agar dapat melakukan tindakan pencegahan dan pengobatan yang diperlukan.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri penyakit DBD yang harus Anda ketahui:

  1. Demam Tinggi yang Mendadak

Ciri utama penyakit DBD adalah demam yang tiba-tiba muncul dan berlangsung cukup tinggi, biasanya mencapai 39-40 derajat Celsius. Demam ini seringkali muncul secara mendadak dan disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala dan nyeri otot.

  1. Nyeri pada Sendi dan Otot

Penderita DBD sering mengalami nyeri pada sendi dan otot, yang dapat sangat mengganggu. Nyeri ini terutama dirasakan di bagian belakang mata, lutut, pergelangan kaki, dan tulang belakang bagian bawah.

  1. Muncul Ruam Kulit

Beberapa orang dengan DBD juga mengalami ruam kulit yang biasanya muncul setelah beberapa hari terkena demam. Ruam ini seringkali muncul di bagian tubuh yang luas, seperti lengan, kaki, dan dada, dan dapat disertai dengan rasa gatal.

  1. Mual dan Muntah