Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
PemerintahanPeristiwa

Kapolri Sigit Prabowo: Sinergi untuk Keamanan Arus Balik Mudik Lebaran 2024

121
×

Kapolri Sigit Prabowo: Sinergi untuk Keamanan Arus Balik Mudik Lebaran 2024

Share this article

“Ini mohon masyarakat bisa memaklumi itu (rekayasa lalu lintas). Kami lakukan agar baik yang akan melaksanakan arus balik maupun kegiatan wisata semuanya bisa terlayani,”

Seketika.com, Cikampek – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan sinergi seluruh pihak dalam mengamankan arus balik mudik Lebaran 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolri saat melakukan peninjauan arus balik di KM 70 Tol Cikampek bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada hari Senin (15/4/2024).

Kapolri menjelaskan bahwa pengamanan arus mudik dan balik Lebaran merupakan tradisi yang harus dijaga setiap tahunnya. Terlebih, survei menunjukkan peningkatan jumlah masyarakat yang melakukan mudik pada tahun ini.

“Sesuai arahan bapak Presiden bahwa mudik dan balik sebagaimana tradisi yang ada selama ini harus kita amankan. Berdasarkan hasil survei bapak Menhub yang mana tahun 2024 ini terjadi peningkatan, mau tak mau kita harus bersinergi dengan seluruh stakeholder yang ada, baik dari perhubungan, Jasa Marga, Jasa Raharja, TNI, Polri, Kemenko PMK dan rekan-rekan yang lain. Kita lihat semuanya bekerja dengan optimal,” ungkap Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini juga melaporkan bahwa meskipun jumlah pemudik dan pelaku arus balik meningkat, namun semuanya dapat dikelola dengan baik.

Sigit menambahkan, Jasa Marga melaporkan bahwa hingga hari ini, pada hari ke-2 dan ke-3 setelah Lebaran, jumlah pelaku arus balik yang termonitor dapat ditangani dengan kebijakan Work From Home (WFH).

Ia memperkirakan puncak arus balik akan terjadi malam ini dan berharap semua pihak memberikan pelayanan terbaik.