Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
PemerintahanPeristiwa

Persiapan Mudik Idulfitri 2024, Perbaikan Jalan dan Antisipasi Banjir oleh Pemkot Tangsel

127
×

Persiapan Mudik Idulfitri 2024, Perbaikan Jalan dan Antisipasi Banjir oleh Pemkot Tangsel

Share this article

“Pembersihan dan pengendalian dengan pekerjaan pengangkatan sedimentasi sungai dan tandon, dengan alat berat, pelaksanaan normalisasi drainase di beberapa ruas jalan kota terus kita intensifkan agar tidak ada genangan di jalan, karena tingkat sedimentasi juga cukup tinggi,”

Seketika.com, Tangerang Selatan – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) sedang melakukan persiapan untuk memastikan kelancaran arus mudik masyarakat menjelang perayaan Idulfitri. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas SDABMBK, Robby Cahyadi, dalam pernyataannya di ruang kerjanya di Serpong pada Selasa (02/04/2024).

“Untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat Tangsel, pihaknya telah melakukan kegiatan sapu lobang ruas prioritas di sejumlah jalan kota yang akan dilintasi para pemudik,” ujarnya.

Lebih lanjut, untuk jalan Nasional ruas Jakarta–Bogor, Pemkot Tangsel terus berkoordinasi dengan Balai Jalan Nasional Wilayah Banten Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sedangkan untuk jalan Provinsi Banten di wilayah Tangsel, pelaksanaannya ditangani oleh Unit Pemeliharaan Jalan Jembatan (UPJJ) Tangerang Dinas PUPR Provinsi Banten.

“Dinas kami telah melakukan perbaikan pada beberapa ruas jalan prioritas yang akan dilalui oleh para pemudik, termasuk jalan arteri menuju akses tol atau jalan provinsi dan nasional, seperti jalan Ciater Raya sepanjang 2.195 meter dan jalan Serua sepanjang 2.245 meter,” tambahnya.

Robby juga menambahkan bahwa arus mudik melalui jalan Merpati Ciputat menuju jalan Cendrawasih, ke arah pintu tol Bintaro, juga telah dipersiapkan untuk kenyamanan para pemudik yang melintas.

Tidak hanya fokus pada perbaikan jalan, Robby juga menambahkan bahwa sebagai tindakan antisipasi terhadap potensi banjir akibat hujan, DSDABMBK telah menyiapkan posko di Kantor DSDABMBK dan alat berat di UPTD Pemeliharaan alat berat yang dimiliki.

“Kami telah menyiapkan mesin pemompa air sebanyak 85 unit rumah pompa dalam siaga aktif dan unit pompa portable. Kami juga menempatkan petugas yang akan terus memantau situasi dan kondisi debit air hujan di sejumlah titik rawan banjir, seperti Maharta, Kali Serua Ciputat, Vila Bintaro, Kali Cibenda,” kata Robby.

“Pembersihan dan pengendalian dengan pekerjaan pengangkatan sedimentasi sungai dan tandon, dengan alat berat, pelaksanaan normalisasi drainase di beberapa ruas jalan kota terus kita intensifkan agar tidak ada genangan di jalan, karena tingkat sedimentasi juga cukup tinggi,” tambahnya.

Robby juga mengingatkan warga Tangsel yang berencana mudik untuk tetap waspada dalam perjalanan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap lokasi rawan banjir.