Scroll untuk baca Berita

Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
BisnisInternasional

BUMN Didorong Perluas Kemitraan di Luar Kawasan Asia Tenggara

241
×

BUMN Didorong Perluas Kemitraan di Luar Kawasan Asia Tenggara

Share this article
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan pidato pada pembukaan ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (5/9/2023). - (Media Center KTT ASEAN 2023)

Seketika.com, Jakarta -Forum ASEAN-Indo-Pacific (AIPF) memberikan kesempatan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah Kementerian BUMN memperluas kerja sama dengan mitra-mitra di luar kawasan Asia Tenggara.

Pameran bisnis yang digelar oleh BUMN antara lain MIND ID, Pertamina, PLN, Mandiri, BRI, BNI, Telkom, InJourney, dan Telkomsel pada Selasa (5/9/2023) menjadi salah satu kegiatan penting dalam acara dua hari di Hotel Mulia Jakarta tersebut.

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan posisi Indonesia adalah bagian dari solusi atas permasalahan di Asia Tenggara.

“Kami terinspirasi oleh pandangan ASEAN dan kepemimpinan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan, sekaligus menjaga perdamaian, keamanan, stabilitas, dan juga kemakmuran di Indo-Pasifik. Semangat inilah yang membuat kita ada di sini pada hari ini,” ujar Erick saat menyampaikan sambutan dalam Pembukaan AIPF 2023 di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

AIPF dikatakannya menjadi kesempatan melihat peluang sekaligus membangun tanggung jawab untuk masa depan yang lebih terhubung, lebih sejahtera, dan lebih berkelanjutan di kawasan ASEAN dan Indo-Pasifik. Pandangan ASEAN mengenai Indo-Pasifik kata Erick memperkuat kerja sama regional dan mendorong pembangunan berkelanjutan dan inovatif.

AIPF yang merupakan bagian dari Keketuaan ASEAN pada 2023 menjadi platform dialog yang konstruktif untuk memajukan kolaborasi inklusif dan konkret antara pemerintah, swasta, dan BUMN.

“Dalam menghadapi tantangan global yang kompleks, pemerintah Indonesia melalui BUMN secara aktif berkolaborasi dengan mitra global untuk mengatasi permasalahan di berbagai sektor, misalnya dengan membentuk aliansi strategis untuk membangun ekosistem rantai nilai pasok, bekerja sama dalam memperluas konektivitas dan digitalisasi di seluruh wilayah, dan berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur kawasan. Contoh-contoh ini mewakili kekuatan transformatif kerja sama regional bagi kemajuan kolektif komunitas ASEAN dan Indo-Pasifik,” jelas Erick.

ASEAN Indo-Pacific Forum 2023: Implementation of the ASEAN Outlook of the Indo-Pacific yang merupakan flagship event tidak terpisahkan dari KTT ke-43 ASEAN dan KTT Asia Timur resmi dibuka pada Selasa (5/9/2023).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *