Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
Gaya HidupKuliner

Cara Memasak Daging Kambing Agar Empuk dan Bebas Bau Prengus

135
×

Cara Memasak Daging Kambing Agar Empuk dan Bebas Bau Prengus

Share this article
ilustrasi

Seketika.com, Jakarta – Memasak daging kambing sering kali menjadi tantangan bagi banyak orang, terutama karena karakteristiknya yang dapat mengeluarkan bau khas yang disebut sebagai “prengus”. Untuk menyajikan hidangan yang lezat dan memikat selera, teknik memasak yang tepat sangat penting, terutama menjelang momen Idul Adha 2024.

Panduan Langkah Demi Langkah

  1. Pilih Daging yang Tepat

Pastikan untuk memilih daging kambing yang segar dan berkualitas baik. Daging yang segar biasanya memiliki warna merah cerah dan tekstur kenyal, memberikan dasar yang baik untuk hidangan yang sempurna.

  1. Persiapan Potongan Daging

Potong daging sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Potongan yang tidak terlalu besar akan memastikan proses memasak merata, menghasilkan daging yang empuk dan nikmat.

  1. Metode Perebusan Ganda

Perebusan Pertama:

  • Didihkan air dalam panci besar.
  • Tambahkan beberapa potongan jahe yang telah digeprek dan daun salam ke dalam air mendidih. Jahe dan daun salam membantu mengurangi bau prengus yang khas pada daging kambing.
  • Masukkan potongan daging kambing dan pastikan semuanya terendam air.
  • Rebus daging selama sekitar 10 menit.
  • Setelah itu, matikan api dan tiriskan daging. Buang air rebusan pertama yang mengandung kotoran dan bau prengus.

Perebusan Kedua:

  • Didihkan air bersih dalam panci yang sama.
  • Masukkan kembali daging kambing yang telah ditiriskan.
  • Rebus daging selama sekitar 10 menit tanpa menambahkan rempah-rempah tambahan. Langkah ini penting untuk memastikan daging benar-benar bersih dari bau prengus.

Penyimpanan Kaldu
Setelah proses perebusan kedua selesai, tiriskan daging kambing. Kaldu dari air rebusan kedua dapat disimpan untuk digunakan dalam masakan lainnya karena sudah bersih dan tidak berbau prengus. Tips Tambahan