Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
KesehatanPendidikan

Darrel Alfarizky Siswa SDN Tangerang 3 Terus Kembangkan Cairan Abate Alami

264
×

Darrel Alfarizky Siswa SDN Tangerang 3 Terus Kembangkan Cairan Abate Alami

Share this article

Seketika.com, Tangerang – Salah satu siswa dari SDN Tangerang 3, Darrel Alfarizky Oktavino (11) merupakan siswa yang berhasil menjadi juara pada ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023 tingkat nasional. Darrel, memberikan inovasi yaitu berupa cairan abate alami yang terbuat dari jeruk nipis, daun jeruk, dan juga air.

Darrel menceritakan, ia melihat peluang inovasi dari sekolah karena SDN Tangerang 3 banyak pepohonan dan di antaranya terdapat pohon jeruk. Setelah berdiskusi dengan teman, bimbingan para guru, dan mencari referensi di internet akhirnya ia memutuskan untuk membuat cairan abate alami.

“Setelah mencari referensi di internet, ternyata saya mendapatkan informasi bahwa daun jeruk memiliki zat limonida yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan jentik nyamuk. Lalu, didiskusikan bersama teman, dan juga dibimbing oleh para guru akhirnya cairan abate alami ini selesai. Alhamdulillah, dengan dukungan dan doa orang tua, guru, dan teman-teman bisa menjadi juara di WMM 2023,” ungkapnya, Kamis (14/09/23).

Cara membuat cairan abate alami ini pun terbilang mudah. Hanya membutuhkan jeruk limau, daun jeruk, dan air hangat. Selain itu, dibutuhkan juga tempat penampungan sesuai dengan banyaknya cairan abate yang akan dibuat. Langkah-langkahnya, cukup mengeluarkan ekstrak dari daun jeruk yang sudah dipotong dan diremas, lalu tambahkan air hangat secukupnya, dan terakhir peras air dari jeruk limau.

Leave a Reply