Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
PemerintahanPeristiwaReligi

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X Resmikan Masjid Quwwatul Islam Yogyakarta

474
×

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X Resmikan Masjid Quwwatul Islam Yogyakarta

Share this article

Barangsiapa yang ikut membangun masjid, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan membangunkan istana baginya di surga

Seketika.com, Yogyakarta – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara langsung meresmikan Masjid Quwwatul Islam Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Mataram No.1, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta, Selasa (10/10). Sri Sultan menuturkan, sejarah panjang pembangunan Masjid Quwwatul Islam Yogyakarta ini mencerminkan semangat persatuan, kerja sama, dan hubungan baik antara warga Banjar dengan DIY.

“Ini (tanah) dulu kan diberikan oleh suwargi (almarhum HB) IX, supaya bisa digunakan untuk masjid. Dari awal warga masyarakat Banjar yang di Jogja yang mengajukan permohonan pada waktu itu. Dari sebuah langgar bernama Langgar Kalimantani hingga menjadi masjid yang kita kenal hari ini, perjalanan ini mengandung makna kebersamaan yang patut kita apresiasi. Masjid Quwwatul Islam Yogyakarta bukan hanya sekadar bangunan berdiri megah, namun tempat ibadah yang menjadi pusat pembinaan umat. Meskipun berakar dari warga Banjar, masjid ini terbuka untuk seluruh masyarakat, sehingga masjid ini menjadi tempat beribadah dan mempererat tali silaturahmi umat Islam di Yogyakarta dan sekitarnya,” terang Sri Sultan.

Dikatakan Sri Sultan, arsitektur Masjid Quwwatul Islam Yogyakarta yang memadukan unsur Islam, corak Kalimantan Selatan, dan budaya Yogyakarta adalah bukti konkret dari keberagaman budaya yang memperkaya bangsa ini. Bentuk atap masjid yang menyerupai Masjid Sultan Suriansyah di Banjarmasin serta menara golong gilig yang kental dengan budaya Yogyakarta adalah wujud dari kekayaan seni dan keindahan yang patut dibanggakan.

Selain itu, Sri Sultan menambahkan, membangun masjid merupakan tindakan yang sangat mulia dan penuh berkah sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika hijrah bersama kaum Muslimin dari Makkah ke Madinah. Dimana Masjid Quba dan Masjid Nabawi adalah prioritas pertama dalam pembangunan kota Madinah.

“Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari Utsman bin Affan, ‘Barangsiapa yang ikut membangun masjid, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan membangunkan istana baginya di surga’. Dengan peresmian ini, mari kita bersama-sama berkomitmen untuk menjaga dan memakmurkan keberadaan Masjid Quwwatul Islam Yogyakarta. Semoga masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga pusat kegiatan-kegiatan produktif yang akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Sri Sultan.

Leave a Reply