Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
BisnisPemerintahan

Gubernur Khofifah Apresiasi Upaya Hilirisasi Petani Mangrove

154
×

Gubernur Khofifah Apresiasi Upaya Hilirisasi Petani Mangrove

Share this article

“Karena sejatinya hidup adalah untuk memberikan kehidupan, seperti kata Sunan Kalijogo , Urip Gawe Urup. Artinya, dimana kita berada harus bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk lingkungan sekeliling kita,”

Seketika.com, Surabaya – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memberikan apresiasi terhadap upaya hilirisasi yang telah dilakukan oleh para petani Mangrove di Jatim. Hal ini karena upaya tersebut akan bisa memberikan nilai tambah dan manfaat lebih bagi masyarakat atas berbagai produk yang dihasilkan.

Produk hilirisasi tersebut, antara lain berupa produk sirup mangrove, aneka makanan ringan dari mangrove, hingga batik mangrove yang dipamerkan pada Festival Mangrove Jawa Timur ke-V di Romokalisari Adventure Land, Surabaya, Selasa (31/10/2023).

“Saya berharap hal ini bisa menjadi best practice semua yang bergerak di sektor mangrove. Jadi, ada yang menanam dan ada yang bergerak di sektor hilirisasinya untuk memberikan nilai tambah dan manfaat lebih luas bagi masyarakat,” terang Gubernur Khofifah saat hadir langsung pada Festival Mangrove ke-V ini.

“Sehingga, usaha yang dihasilkan dari mangrove ini tidak hanya makanan dan minuman tetapi berupa produk fashion dan sebagainya dengan tetap menjaga kelestarian mangrove ,” imbuhnya.

Secara khusus, Gubernur Khofifah juga mengapresiasi batik mangrove karya Lulut Sri Yuliani. Bukan tanpa alasan, sebab batik produksinya mampu menjadi buah tangan pada ajang internasional bergengsi G20 yang digelar beberapa waktu lalu di Bali.

Batik karya Lulut tersebut, juga memiliki sertifikat yang menunjukkan bahwa batik ini terbuat dari bahan alami tanpa merusak tanamannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *