Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
PendidikanPeristiwa

HUT Jatim ke-78, Khofifah Ziarah Ke Makam Gubernur Suryo

197
×

HUT Jatim ke-78, Khofifah Ziarah Ke Makam Gubernur Suryo

Share this article

Beliau adalah Pahlawan Nasional Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo. Kepahlawanan beliau patut terus diteladani bersama, sebagai penyemangat proses pembangunan Jawa Timur

Seketika.com, Surabaya – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melakukan upacara ziarah dan tabur bunga makam Gubernur Suryo, di Kelurahan Kepolorejo, Kabupaten Magetan, Selasa (10/10/2023). Upacara ziarah dan tabur bunga tersebut, diadakan sebagai bagian dari rangkaian HUT Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur ke-78.

Gubernur Suryo merupakan Gubernur Jawa Timur pertama yang menjabat dari tahun 1945 hingga 1947. Ia dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional Pembela Kemerdekaan seperti yang tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres RI) Nomor 29 pada 17 November tahun 1964.

Upacara ziarah diikuti oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Sekdaprov Jatim) Adhy Karyono, kepala perangkat daerah Pemprov Jatim, jajaran Forkopimda Kabupaten Magetan, dan keluarga keturunan Gubernur Suryo.

Saat ditemui, Gubernur Khofifah mengatakan, ziarah ini adalah kegiatan rutin tahunan setiap memperingati HUT Pemprov Jatim.

“Dalam rangkaian HUT Pemprov selalu ada kegiatan ziarah ke makam Gubernur Jawa Timur pertama. Beliau adalah Pahlawan Nasional Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo. Kepahlawanan beliau patut terus diteladani bersama, sebagai penyemangat proses pembangunan Jawa Timur,” tuturnya.

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah menerangkan, HUT Pemprov Jatim yang setiap tahun diperingati pada 12 Oktober ini juga bertepatan dengan HUT Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *