Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
BisnisPemerintahan

Indonesia Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Kuat

183
×

Indonesia Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Kuat

Share this article

“Indonesia salah satu negara tumbuh kuat, kita lebih tinggi dibandingkan negara lain termasuk China, Malaysia bahkan Singapura. Tentu kita ada di atas kita seperti Vietnam,”

Seketika.com, Jakarta – Sepanjang kuartal III-2023, ekonomi Indonesia tumbuh 4,94% secara year on year (yoy). Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat.

“Indonesia salah satu negara tumbuh kuat, kita lebih tinggi dibandingkan negara lain termasuk China, Malaysia bahkan Singapura. Tentu kita ada di atas kita seperti Vietnam,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (6/11/2023).

Airlangga menjelaskan, realisasi tersebut sulit untuk diperoleh bagi banyak negara. Terutama dalam situasi sekarang, saat tensi geopolitik yang tinggi hingga perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan.

“Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi kita tumbuh 4,94%,” ujar Airlangga.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan bahwa perekonomian Indonesia pada triwulan III-2023 berdasarkan besaran Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp5.296,0 triliun atau atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp3.124,9 triliun.

Ekonomi Indonesia triwulan III-2023 terhadap triwulan sebelumnya mengalami pertumbuhan sebesar 1,60 persen (q-to-q). Dari sisi produksi, Lapangan Usaha Konstruksi mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 5,87 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, Komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 7,70 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *