Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
Politik

Kapolri Imbau Warga Tunda Demo Selama KTT ASEAN di Jakarta

237
×

Kapolri Imbau Warga Tunda Demo Selama KTT ASEAN di Jakarta

Share this article

Seketika.com , Jakarta – Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, telah mengimbau kepada masyarakat untuk menunda kegiatan demonstrasi selama pelaksanaan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta pada tanggal 5-7 September 2023.

Awalnya, Kapolri telah menyiapkan kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, sebagai lokasi untuk demonstrasi, tetapi Kapolri dengan tegas meminta agar penyampaian aspirasi di muka umum ditunda untuk sementara waktu. Hal itu demi keamanan bersama dan menjaga citra bangsa Indonesia di dunia internasional.

“Kami tentunya mengimbau selama KTT ASEAN ini berlangsung mungkin kegiatan-kegiatan seperti itu dialihkan ke hari yang lain. Hingga kita semua bisa fokus untuk menyelenggarakan rangkaian tersebut dengan aman dan lancar,” kata Kapolri usai apel gelar pasukan pengamanan KTT ASEAN di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023).

Kapolri juga mengungkapkan bahwa TNI-Polri telah melakukan pemetaan terhadap sejumlah potensi kerawanan yang mungkin terjadi selama KTT ASEAN, sehingga langkah-langkah antisipasi dapat diambil. Potensi kerawanan tersebut mencakup ancaman kejahatan siber, terorisme, dan bencana alam.

Dengan demikian, eskalasi ancaman mencakup masalah kemacetan, dinamika kegiatan masyarakat, dan situasi politik yang berubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *