Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
KulinerPeristiwa

Nasi Kuning Muna Cung, Disukai Wisatawan Sampai Keluarga Keraton

213
×

Nasi Kuning Muna Cung, Disukai Wisatawan Sampai Keluarga Keraton

Share this article

“Kalau kata pembeli itu, nasi kuning di sini punya ciri khas, dari kering kentang, orek tempe, serundeng, empal, ya karena memang semua kami racik sendiri, kecuali sate ayam ini yang titipan dari penjual lain. Kalau yang paling disukai pembeli ya nasi kuning empal itu,”

Seketika.com, Magelang – Nasi kuning merupakan makanan yang mudah dijumpai di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Jogja. Salah satu nasi kuning yang tidak pernah sepi pelanggan adalah Nasi Kuning Muna Cung.

Kalau pada umumnya nasi kuning disajikan dengan lauk pendamping orek tempe, telur suwir, dan serundeng, Nasi Kuning Muna Cung menawarkan sajian nasi kuning empal.

Nama Muna Cung diambil dari nama sang penjual yaitu Muna, dan suaminya bernama Cung. Keduanya sudah berjualan nasi kuning sejak 25 tahun lalu.

“Panggilan saya Muna, kalau Cung itu nama Suami saya, kami merintis bersama jadi namanya Nasi Kuning Muna Cung. Kalau jualannya itu sejak anak saya masih kecil, ya kurang lebih sudah 25 tahun,” cerita Muna saat ditemui di lapak jualannya pada Jumat (28/4).

Sebelum menekuni usaha nasi kuning, pada mulanya Muna dan Cung mencoba berjualan bakmi dan cap cay. Tapi usaha kuliner tersebut tidak bertahan lama, hanya berjalan sekitar 4 tahun.

“Dulu awalnya itu kami jualan bakmi, bihun, cap cay tapi cuma sebentar, ya 3 sampai 4 tahun. Terus coba ganti jualan nasi kuning sampai sekarang,” terang Muna.

Nasi Kuning Muna Cung, berlokasi di Jalan Beskalan, Pintu Selatan Pasar Pathuk. Selain nasi kuning, juga tersedia nasi langgi dan nasi gurih. Dengan berbagai pilihan lauk seperti empal, babat, iso, sate ayam, ayam bacem, perkedel, dan kadang tersedia paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *