Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
OpiniTravel

Orkestrasi BUMDes Karangrejo Di Kawasan Wisata Kabupaten Magelang

523
×

Orkestrasi BUMDes Karangrejo Di Kawasan Wisata Kabupaten Magelang

Share this article
Foto : Heru Wibowo/Kasubbid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kedeputian PMK

Perlu untuk di contoh atau di duplikasi oleh daerah dan desa lainnya atas keberhasilan pengembangan BUMDes wisata di lokasi kawasan wisata seperti yang ada di Desa Karangrejo ini

Seketika.com, Jakarta – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat beragam. Oleh karenanya, Indonesia juga memiliki banyak sekali objek wisata yang bisa dijadikan destinasi liburan tak terkecuali potensi wisata yang ada di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan Candi Borobudur, candi ini terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi yang sangat megah dan rupawan telah dikenal oleh wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara sebagai kuil Budha terbesar di dunia, yang memiliki luas 2500 meter, panjang 123 meter dan tinggi 35 meter.

Dan juga anak muda masa kini pastinya sudah tidak asing lagi dengan objek wisata Puthuk Setumbu. Destinasi wisata unggulan bagi para penikmat matahari terbit ini popularitasnya semakin menanjak ketika dipilih menjadi salah satu tempat pengambilan gambar untuk film bioskop Ada Apa Dengan Cinta 2 yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra.

Puthuk Setumbu yang berada di desa wisata Karangrejo, Kabupaten Magelang ini kemudian dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika kita mau mengeksplorasi lebih jauh, Desa wisata Karangrejo juga menyimpan banyak potensi wisata yang tidak kalah menarik dari Puthuk Setumbu.

Pengembangan kawasan wisata mampu memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah, membuka peluang usaha dan kesempatan kerja serta sekaligus berfungsi menjaga kelestarian kekayaan alam dan hayati. Pengembangan pariwisata sebagai salah satu sektor pembangunan secara umum menjadi relevan jika pengembangan pariwisata itu sesuai dengan potensi daerah.

Hal inilah yang telah dicoba diorkestrasi oleh Desa wisata Karangrejo. Desa tersebut terletak 3 km dari kompleks wisata Candi Borobudur. Dengan lanskap kegagahan bukit Menoreh serta kondisi alam yang masih sangat alami, wajar saja jika Desa Karangrejo telah dilirik menjadi tujuan wisata bagi turis lokal maupun mancanegara dan dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakatnya, Desa Karangrejo telah memiliki BUMDes yang salah satu unit usahanya bergerak dibidang pariwisata yaitu pengelolaan homestay dan restoran yang berlokasi di Balai Ekonomi Desa (Balkondes). Homestay dan restoran ini untuk menunjang Kawasan wisata khususnya Candi Borobudur, Puthuk Setumbu dan wisata lainnya di Kabupaten Magelang.

Leave a Reply