Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
KesehatanPeristiwa

Perawatan Bayi Prematur Dengan Perawatan Metode Kanguru

211
×

Perawatan Bayi Prematur Dengan Perawatan Metode Kanguru

Share this article

“Tetap konsultasikan kondisi bayi kepada petugas kesehatan. Setelah melahirkan ibu membutuhkan waktu untuk pemulihan, metode kanguru tidak hanya bisa dilakukan oleh ibu namun juga oleh ayah. Dukungan keluarga sangat dibutuhkan untuk kesuksesan perawatan bayi prematur dan BBLR.”

Seketika.com, Jakarta – Kangaroo Mother Care (KMC) atau Perawatan Metode Kanguru (PMK) merupakan perawatan untuk bayi prematur dan bayi berat lahir rendah (BBLR) dengan melakukan kontak langsung antara kulit bayi dengan kulit ibu atau skin-to-skin contact, dimana ibu menggunakan suhu tubuhnya untuk menghangatkan bayi. Metode perawatan ini juga terbukti mempermudah pemberian ASI sehingga meningkatkan lama dan pemberian ASI.

Perawatan Metode Kanguru (PMK) merupakan alternatif pengganti inkubator dalam perawatan prematur dan BBLR, dengan beberapa kelebihan antara lain: merupakan cara yang efektif untuk memenuhi kebutuhan bayi yang paling mendasar yaitu adanya kontak kulit bayi ke kulit ibu, dimana tubuh ibu akan menjadi thermoregulator bagi bayinya, sehingga bayi mendapatkan kehangatan (menghindari bayi dari hipotermia), PMK memudahkan pemberian ASI, perlindungan dari infeksi, stimulasi, keselamatan dan kasih sayang.

PMK dapat menurunkan kejadian infeksi, penyakit berat, masalah menyusui dan ketidakpuasan ibu serta meningkatnya hubungan antara ibu dan bayi serta meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Keuntungan Perawatan Metode Kanguru adalah :

  • Bayi lebih tenang, tidur lebih nyaman dan frekuensi menangis lebih sedikit.
  • Tanda vital bayi, seperti pernapasan dan denyut jantung, lebih stabil.
  • Mempermudah pemberian ASI dan meningkatkan keberhasilan menyusui.
  • Membantu menaikkan berat badan bayi prematur
  • Membangun hubungan cinta dan kasih sayang antara orang tua dan bayi

Leave a Reply