Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
BisnisPeristiwa

Perumda Aneka Usaha Resmikan Anak Usaha Pabrik Paving Block dan Batako di Suwawal Timur

209
×

Perumda Aneka Usaha Resmikan Anak Usaha Pabrik Paving Block dan Batako di Suwawal Timur

Share this article

Perumda Aneka Usaha mampu memasarkan produknya ke sejumlah wilayah, bahkan sampai banjir pesanan

Seketika.com, Jepara – Perusahaaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha Kabupaten Jepara kini mempunyai usaha baru. Yakni, memproduksi paving block dan batako (bata interlock), semen mortar, serta campuran material pengganti pasir yang diberi nama Beton FABA Fc 10.

Direktur Utama Perumda Aneka Usaha Nur Cholis menyampaikan, produk tersebut dihasilkan dari bahan baku fly ash bottom ash (FABA), yang merupakan sisa hasil pembakaran batubara PLTU Tanjungjati B.

Disampaikan, sebelum memutuskan membuka pabrik produk berbahan baku FABA, pihaknya telah melakukan kajian dan analisa bisnis yang matang, berdasar potensi yang ada di Jepara. Menurutnya, sejak 2014, pihaknya telah ditunjuk dalam pengelolaan limbah FABA PLTU Tanjungjati B.

“Dengan pabrik ini, kami ikut membantu pemerintah daerah mengurangi penggunaan material tambang, karena semua produk kami murni menggunakan FABA,” terangnya, saat peresmian pabrik tersebut, di Desa Suwawal Timur, Selasa (31/10/2023).

Nur Cholis mengaku, pihaknya telah mengantongi sertifikat uji laboratorium kualitas untuk semua produk tersebut. Ia juga berkomitmen melakukan inovasi bisnis, yang berorientasi pada profit untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Jepara, karena tujuan BUMD adalah meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

Leave a Reply