Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
PemiluPolitiktokoh

Profile Lengkap Riwayat Hidup dan Muhaimin Iskandar Cawapres Anies Baswedan

266
×

Profile Lengkap Riwayat Hidup dan Muhaimin Iskandar Cawapres Anies Baswedan

Share this article
foto:wikipedia

Seketika.com, Surabaya –  Anies Baswedan dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) resmi dideklarasikan sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang digelar di Hotel Yamato, Surabaya pada Sabtu (2/9/2023). Hotel bersejarah ini dipilih secara khusus sebagai penanda awal perjuangan Anies-Muhaimin untuk memenangkan Pilpres 2024.

Anies dan Cak Imin resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai bakal capres-cawapres di Jakarta pada Kamis (19/10/2023).

Berikut Profile lengkap Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang saat ini menjadi Ketua Umum PKB.

Dr. (H.C.) Drs. H. Abdul Muhaimin Iskandar, M.Si. lahir 24 September 1966, atau lebih dikenal sebagai Cak Imin adalah seorang politisi Indonesia yang memegang mandat sebagai Ketua Umum PKB sejak 2005.

Kiprahnya di parlemen dimulai ketika menyertai Pemilu 1999 yang membawanya menduduki kursi legislatif mewakili Sidoarjo, Jawa Timur. Pada 2009, ia ditunjuk sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Muhaimin dipilih oleh Anies Baswedan sebagai calon wakil presiden setelah PKB bergabung dengan Koalisi Perubahan dalam Pemilu Presiden 2024.

Riwayat Hidup

Abdul Muhaimin Iskandar dilahirkan pada tanggal 24 September 1966 di kota Jombang, Jawa Timur. Ayahnya Muhammad Iskandar adalah seorang guru di Pesantren Mamba’ul Ma’arif. Ibunya Muhasonah Iskandar kemudian menjadi pemimpin pesantren tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *