Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
KesehatanPeristiwa

11.600 M Perbaikan Pipanisasi 4 Desa Terdampak Karhutla Gunung Bromo Selesai

176
×

11.600 M Perbaikan Pipanisasi 4 Desa Terdampak Karhutla Gunung Bromo Selesai

Share this article

“Gubernur Khofifah juga menjelaskan, upaya perbaikan pipa yang rusak itu tidak hanya dilakukan tim Pemprov Jatim saja. Namun juga melibatkan sejumlah relawan, masyarakat dan tokoh adat setempat.”

Seketika.com, Probolinggo – Karhutla Gunung Bromo awal September 2023 lalu yang berdampak pada rusaknya pipa saluran air bersih di desa di Kecamatan Sangkapura Kabupaten Probolinggo.

Saat ini, bantuan perbaikan pipanisasi yang ditekankan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, itu telah rampung seratus persen. Ribuan masyarakat di empat desa pun telah bisa menikmati lagi saluran air bersih dari sumber air yang sempat terdampak Karhutla tersebut.

“Alhamdulillah, saat ini perbaikan pipa yang rusak terbakar saat terjadi kebakaran hutan di Gunung Bromo sudah selesai. Masyarakat di empat desa juga sudah bisa menikmati air bersih seperti dulu,” ungkap Gubernur Khofifah , Selasa (31/10/2023).

Berdasar assessment BPBD Jatim, kerusakan pipa yang terjadi di empat desa di wilayah Kabupaten Probolinggo ini telah mencapai sepanjang 11.600 meter.

Jumlah itu, meliputi, Desa Ngadirejo sepanjang 1.600 meter, Desa Sapikerep 3.400 meter, Desa Ngadas 5.100 meter, dan Desa Wonokerto sepanjang 1.500 meter.

Dengan rampungnya perbaikan pipa air bersih ini, ribuan warga terdampak di empat desa juga bisa tersenyum lega.

Sedikitnya, 2.240 KK atau sekitar 6.472 jiwa yang tersebar di empat desa telah menerima manfaat dari perbaikan pipanisasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *