Scroll untuk baca Berita

Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
InternasionalPeristiwa

3 Elemen Kolaborasi Ekonomi Digital Diusung Indonesia

152
×

3 Elemen Kolaborasi Ekonomi Digital Diusung Indonesia

Share this article

“Memastikan proses yang inklusif dalam strategi digital global sangatlah penting, dan strategi ini harus mampu bertahan terhadap dinamika yang ada,”

Seketika.com, Swiss – Indonesia mengusung tiga elemen utama berprinsip inklusivitas dalam penerapan visi dan strategi ekonomi global. Elemen yang inklusif dan berkelanjutan tersebuut mengemuka pada pertemuan High Level Dialogue UNCTADE-Commerce Week 2023 yang digelar United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) di Jenewa, Swiss.

“Ketiga elemen tersebut diantaranya adalah sentralitas pada aspek manusia (human-centricity), komitmen untuk hidup berdampingan (co-exist) dan bersama-sama menciptakan (co-create) fair playing field, dan ruang kesempatan yang adil juga setara bagi semua orang untuk berkembang,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Sekjen Kominfo), Mira Tayyiba, di Jenewa Swiss, seperti dikutip pada Sabtu (9/12/2023).

Elemen pertama adalah teknologi digital perlu dikembangkan yang bukan hanya derdasarkan aspek kemutakhirannya saja, tetapi juga harus menghormati nilai dan keberagaman manusia.

Contohnya misinformasi dan disinformasi hasil produksi oleh kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang menyebabkan kegaduhan sosio-politik dan perangkat lunak pengenalan wajah yang bias terhadap kelompok masyarakat tertentu menyebabkan kesalahan penangkapan oleh aparat.

“Ini semua menjadi pengingat bahwa pengembangan teknologi digital harus mengutamakan sentralitas pada aspek manusia,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *