Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
PemerintahanPendidikan

Detik-Detik Upacara Peringatan Proklamasi HUT Ke-78 Republik Indonesia

325
×

Detik-Detik Upacara Peringatan Proklamasi HUT Ke-78 Republik Indonesia

Share this article

Seketika.com, Jakarta – Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 17 Agustus 2023, berlangsung dengan khidmat dan lancar. Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara memimpin langsung upacara tersebut dan tampak hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, serta berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum mewujudkan Indonesia Maju.

Bertindak selaku komandan upacara pada kesempatan kali ini yaitu Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan. Saat ini, ia menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Laporan komandan upacara dan dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali yang menggelegar dari arah Taman Monumen Nasional dengan disertai bunyi sirene panjang menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Bambang Soesatyo, kemudian membacakan naskah proklamasi yang pada 78 tahun lalu dikumandangkan proklamator, Soekarno, sebagai tanda bahwa Indonesia telah merdeka dari belenggu penjajahan.

Selepas itu, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, kemudian memandu pembacaan doa.

Leave a Reply