Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
BudayaPeristiwa

Fakta Menarik Seputar Wayang Indonesia

216
×

Fakta Menarik Seputar Wayang Indonesia

Share this article
Foto: Salah satu pengrajin wayang golek (Shutterstock/Febriandi Dimas Wara)

“Cerminan sifat-sifat manusia. Mulai dari sifat murka, serakah, pelit, bijak, dan banyak lagi.”

Seketika.com, Jakarta – Indonesia kaya akan seni budaya tradisional yang mampu memukau siapa saja yang menyaksikannya, termasuk salah satunya adalah seni pertunjukan wayang. Tidak main-main, pasalnya wayang menjadi salah satu seni pertunjukan tradisional khas Indonesia yang telah mendunia.

Popularitas wayang Indonesia tidak sekadar menjadi seni pertunjukan tradisional yang kerap ditampilkan di berbagai acara formal dan informal. Tapi juga menjadi salah satu materi pelajaran dan jurusan di beberapa universitas di dalam maupun luar negeri. Kesempatan tersebut tentunya menjadi salah satu media melestarikan dan mengenalkan budaya wayang di Indonesia lebih luas.

Dalam menyambut Hari Wayang Nasional yang jatuh setiap 7 November, tentu tidak ada salahnya mengenal berbagai fakta-fakta menarik tentang seni pertunjukan wayang Indonesia. Mengingat, setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai jenis wayang yang berbeda-beda yang menarik untuk diketahui.

Untuk lebih jelasnya, berikut fakta-fakta tentang seni pertunjukan wayang khas Indonesia:

Sejarah Wayang

Wayang sudah ada di Indonesia sejak puluhan abad silam. Kata “wayang” berasal dari bahasa Jawa yang berarti “bayangan”. Jika dilihat secara filsafat, wayang kerap diartikan sebagai bayangan atau cerminan sifat-sifat manusia. Mulai dari sifat murka, serakah, pelit, bijak, dan banyak lagi. Konon, cerita dan penampilan wayang menjadi alat komunikasi, pendidikan, maupun magis-religius (mitos tradisional) yang dipercaya masyarakat pada zamannya.

Jenis Wayang di Indonesia

Faktanya, ada banyak jenis wayang yang bisa ditemukan di Indonesia. Bahkan, setiap jenis wayang di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing. Contohnya wayang kulit yang terbuat dari kulit sapi, kerbau, atau kambing. Biasanya, wayang kulit kerap menjadi bagian dari upacara adat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *