Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
MusikPeristiwa

Festival Thek-Thek Tahun 2023, Kintang Kintung Bernada Sabet Gelar Juara

225
×

Festival Thek-Thek Tahun 2023, Kintang Kintung Bernada Sabet Gelar Juara

Share this article

‘Melangkah Bersama Dalam Melestarikan Tradisi untuk Boyolali Metal, Bagaimana nguri-uri budaya menjaga budaya.’

Seketika.com, Boyolali – Kelompok kesenian Kintang Kintung Bernada dari Kecamatan Boyolali, menjuarai Festival Thek-Thek Tahun 2023. Acara yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali di Gelanggang Anuraga Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, berlangsung selama tiga hari pada 26-28 Oktober 2023,.

Bekerja sama dengan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Boyolali, Festival tersebut diikuti oleh 25 kelompok kesenian di Kabupaten Boyolali. Adu kebolehan memainkan alat seni yang terbuat dari bambu dan kayu, yang disisipi cerita berisi pesan-pesan moral oleh 25 kelompok seni tersebut berlangsung dua hari Kamis dan Jumat, sedangkan hari Sabtu dilangsungkan Ceremonial Penyerahan Hadiah Festival Thek-Thek Tahun 2023 oleh Bupati Boyolali M Said Hidayat.

Kepala Diskominfo Kabupaten Boyolali, Bony Facio Bandung mengungkapkan, festival yang bertema ‘Melangkah Bersama Dalam Melestarikan Tradisi untuk Boyolali Metal’, digelar untuk melestarikan budaya dan komunikasi tradisional yang ada di Kabupaten Boyolali.

“Menjadi saluran informasi menarik dan efektif karena disisipi dengan pesan-pesan moral. Dengan tujuan informasi yang disampaikan dikemas dalam visualisasi, dengan alur cerita yang sistematis disertai musik dan tarian tradisional, yang diharapkan menjadi daya tarik tersendiri,” katanya.

Ketua FK Metra Kabupaten Boyolali, Ribut Budi Santoso mengatakan, peserta mengalami peningkatan jika dibandingan dengan tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh 19 kelompok, kini festival diikuti oleh 25 kelompok dengan total hadiah sebesar Rp32 juta. Serta, salah satu kriteria penilaian yakni alat musik yang terbuat dari bambu dan kayu.

Leave a Reply