Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
InternetPemilu

Gelar FGD, PPATK Perkuat Pengawasan Pemilu Berintegritas

247
×

Gelar FGD, PPATK Perkuat Pengawasan Pemilu Berintegritas

Share this article

Seketika.com, Jakarta – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun guna Mendukung Pemilihan Umum (Pemilu)/Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebagai Sarana Integrasi Bangsa di Jakarta, Selasa 22 Agustus 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian penting dari upaya PPATK untuk meningkatkan sinergi dan kerja sama dalam rangka pencegahan dan pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) serta pencegahan dan penindakan pelanggaran dan pengawasan dana kampanye pada penyelenggaraan pemilu dan pemilihan presiden tahun 2024.

Plt. Deputi Bidang Pelaporan dan Pengawasan Kepatuhan PPATK, Syahril Ramadhan mengatakan Pemilu/Pilkada 2024 adalah pesta demokrasi yang harus berintegritas sehingga akan terwujud Pemilu/Pilkada yang menjamin tersalurkannya suara rakyat secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. “Integritas Pemilu/Pilkada 2024 akan membawa dampak positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, serta menentukan bagaimana masa depan bangsa Indonesia,” ujar Syahril.

Untuk itu PPATK membentuk Tim Kerja Collaborative Analysis Team (CAT), yang telah diinisiasi dan mulai dipublikasikan pada Pertemuan koordinasi Tahunan PPATK Tahun 2023 yang lalu. Pembentukan Tim Kerja Kolaboratif Analisis Pemilu/Pilkada 2024 merupakan komitmen bersama dan wujud nyata kerjasama serta koordinasi bersama dengan stakeholders rezim Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme, dan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal.

Syahril menambahkan adanya anggota Tim Kerja yang solid dan mampu bekerjasama merupakan kunci untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran Pemilu/Pilkada, disamping pertukaran data/informasi yang mengutamakan kecepatan waktu. “Apresiasi yang setinggi-tingginya partisipasi aktif dari seluruh anggota Tim Kerja CAT yang sudah bergerak dengan cepat sejak awal dibentuk, dan harapnnya semakin solid dalam pengawasan pemilu/pilkasa yang berintegritas,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *