Gaya HidupTeknologi

Google Podcast Akan Ditutup, Pengguna Diminta Pindah ke YouTube Music

146
×

Google Podcast Akan Ditutup, Pengguna Diminta Pindah ke YouTube Music

Share this article

“Selain memusatkan upayanya, Google juga berharap dapat memanfaatkan minat yang meningkat terhadap podcast video”

Seketika.com, Jakarta –  Dalam beberapa hari ke depan, pengguna Google Podcast di Amerika Serikat akan dihadapkan pada kabar kurang menyenangkan. Google berencana untuk menutup aplikasi Google Podcast dan mengarahkan pengguna untuk beralih ke YouTube Music sebagai platform untuk streaming podcast favorit mereka.

Keputusan ini diumumkan setelah Google memperingatkan pengguna bahwa mereka harus memindahkan langganan podcast mereka ke YouTube Music paling lambat sampai 2 April 2024. Setelah tanggal tersebut, pengguna yang tidak melakukan pemindahan tidak akan dapat melakukan streaming melalui aplikasi Google Podcast.

Sebagai salah satu aplikasi podcast yang populer, Google Podcast telah digunakan oleh lebih dari 500 juta perangkat Android di seluruh dunia selama lebih dari setengah dekade. Dengan antarmuka yang sederhana dan efisien, aplikasi ini memudahkan pengguna untuk menemukan, mengikuti, dan mendengarkan podcast favorit mereka. Pengguna juga dapat menambahkan podcast melalui umpan RSS.

Namun, pada September tahun lalu, Google mengumumkan rencananya untuk menghentikan aplikasi Podcasts sebagai bagian dari upayanya untuk memusatkan layanan audionya di bawah payung YouTube. Ini merupakan langkah serupa dengan strategi transisi yang dilakukan oleh YouTube Music pada tahun 2020 untuk mengalihkan pendengar musik dari Google Play Musik sebelum layanan tersebut ditutup.

Meskipun demikian, aplikasi Google Podcasts tetap berjalan karena YouTube Music belum sepenuhnya siap mendukung podcast hingga saat ini. Baru pada akhir 2023, YouTube Music mulai mendukung podcast secara global, dan pada bulan Februari, mereka mulai mengizinkan pengguna untuk mengunggah RSS feed mereka.

Langkah untuk mengalihkan podcasting ke YouTube diharapkan dapat membantu Google memperkuat posisinya dalam industri ini. Selain memusatkan upayanya, Google juga berharap dapat memanfaatkan minat yang meningkat terhadap podcast video.