Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
KesehatanPemerintahan

Kadinkes Kota Bandung Pastikan Program Nyamuk Wolbachia Aman

317
×

Kadinkes Kota Bandung Pastikan Program Nyamuk Wolbachia Aman

Share this article

“Kalau memang ini bisa diterapkan secara merata, harapannya angka kasus bisa turun karena virus dengue sudah tidak ada. Lalu, fogging juga bisa berkurang, sehingga dananya bisa dialihkan ke hal lain yang lebih penting,”

Seketika.com, Bandung – Untuk menekan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Bandung, Pemerintah Kota Bandung Tengah mengimplementasikan inovasi Program Nyamuk Wolbachia di Kecamatan Ujungberung.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandung, Anhar Hadian mengatakan, program Nyamuk Wolbachia ini diharapkan akan menjadi salah satu upaya menekan kasus DBD di Kota Bandung.

“Program Wolbachia ini, untuk mencegah terjadi peningkatan kasus DBD di Kota Bandung,” kata Anhar (25/11/2023).

Anhar menilai, program Nyamuk Wolbachia ini terbukti efektif menurunkan tingkat DBD di beberapa wilayah. Kota pertama yang mengimplementasikan inovasi ini adalah Yogyakarta.

Dari penelitian dan implementasi wolbachia di sana, kasus DBD bisa turun sampai 70 persen.

“Kami bersama dengan Kemenkes, UGM dan pihak terkait evaluasi terkait program nyamuk wolbachia. Peneliti dari UGM, Prof. Adi Utari yang meneliti terkait nyamuk wolbachia sejak 12 tahun yang lalu. Kemudian diujicobakan dan diimplementasikan di 2 kota di Yogyakarta ternyata tingkat keberhasilannya luar biasa tingkat DBD nya turun 70 persen, permintaan fogging di masyarakat turun 84 persen,” kata Anhar.

Lebih lanjut, Anhar memastikan, Kemenkes telah membentuk tim analisis risiko dan hasilnya dinyatakan aman dan berhasil.

Leave a Reply