Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
KesehatanPemerintahan

Kang Empos, Inovasi Pengelolaan Sampah Organik Terkini

180
×

Kang Empos, Inovasi Pengelolaan Sampah Organik Terkini

Share this article

“Kalau semuanya bisa berjalan bisa mengurangi sampah sangat banyak. Mudah-mudahan dengan upaya kita untuk menghadirkan dan memperbanyak di rumah-rumah tangga ini bisa mengurangi sampah organik yang ada di kota Bandung,”

Seketika.com, Bandung – Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam mengurangi sampah dari sumbernya. Salah satunya melalui pengelolaan sampah organik dengan metode Kang Empos atau Karung Ember Pengomposan.

Untuk itu, Pemkot Bandung membagikan ribuan Kang Empos kepada seluruh ketua RW se-Kota Bandung di GOR C-Tra Arena Bandung, Kamis (30/11/2023).

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, pembagian Kang Empos ini merupakan bagian dari program penyediaan sarana dan prasarana pengolahan sampah organik yang disiapkan Pemkot Bandung.

Ia menyebut, Pemkot Bandung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp31,9 miliar berupa bantuan dan dukungan sarana dan prasarana berupa Kang Empos dan pembuatan hanggar-hanggar untuk maggotisasi di seluruh Kelurahan di Kota Bandung.

“Kang Empos ini akan diberikan kepada 20 persen penduduk per kelurahan dan hampir 90 persen barang tersebut telah diterima oleh masyarakat. Dengan adanya daya dukung sarana prasarana kita juga berikan edukasi terkait pemanfaatan Kang Empos,” kata Ema.

Sebagai informasi, sampah yang ada di Kota Bandung komposisi terbesarnya adalah sampah organik sekitar 40-60 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *