Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
KesehatanPemerintahan

Kemarau Panjang, Berikut lokasi Tim Siaga Bencana BPBD Kota Tangerang

250
×

Kemarau Panjang, Berikut lokasi Tim Siaga Bencana BPBD Kota Tangerang

Share this article

Seketika.com, Tangerang – Menurut Badan Meterologi, Klinatologi, dan Geofisika (BMKG), Indonesia memasuki musim kemarau yang akan diprediksi hingga akhir tahun. Selain itu, fenomena El Nino di level moderat dan Indian Ocean Dipole (IOD) yang memasuki indeks level positif. Kedua fenomena ini saling menguatkan sehingga musim kemarau di Indonesia menjadi lebih kering dan curah hujan yang rendah.

Dengan fenomena cuaca kemarau ini, kebakaran menjadi salah satu hal yang harus diwaspadai oleh masyarakat. Mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk tidak melakukan hal-hal yang memicu kebakaran.

“Hal-hal seperti membuang puntung rokok sembarangan, menjadi salah satu penyebab kebakaran yang lumayan sering terjadi. Dengan kondisi kemarau saat ini, jika membuang puntung rokok sembarangan dapat menjadi salah satu pemicu kebakaran. Selain itu, membakar sampah juga dapat menjadi pemicu kebakaran lainnya,” ungkap Kepala BPBD, Maryono Hasan, Jumat (08/09/23).

Ia melanjutkan, BPBD Tangerang juga sudah membentuk Tim Siaga Bencana yang tersebar di 13 Kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Sehingga, para petugas dapat dengan cepat mengatasi dan mengantisipasi terjadinya kebakaran di Kota Tangerang.

“Dengan adanya Tim Siaga Bencana ini, kami dapat sesegera mungkin datang ke lokasi apabila terjadi kebakaran. Selain itu, kami juga selalu mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang agar selalu waspada dan tidak melakukan hal-hal yang memicu kebakaran. Apabila terjadi kebakaran atau kegawatdaruratan, segera hubungi nomor kegawatdaruratan Kota Tangerang di 112,” imbau Maryono.

Selain itu, masyarakat juga dapat menghubungi nomor telepon darurat BPBD Kota Tangerang di 021-5582144 untuk nomor Kantor Pusat BPBD Kota Tangerang. Ada pun nomor-nomor UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di beberapa wilayah yaitu, Wilayah Batuceper di nomor 021-5522366, Wilayah Cibodas di nomor 021-55732113, Wilayah Ciledug di nomor 021-73450934, Wilayah Periuk di nomor 021-59319462. (Sin)

Sebagai informasi, berikut adalah lokasi Tim Siaga Bencana BPBD Tangerang:

  1. Markas Komando BPBD Kota Tangerang, Jalan Raya Daan Mogot No.67, RT.001/RW.001, Kelurahan Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang
  2. UPT Damkar Cibodas, Jalan Merak Raya No. 40, RT.001/RW. 012, Kelurahan Cibodasari, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang
  3. UPT Damkar Ciledug, Jalan Rawa Kambing 1, RT. 003/RW. 002, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang
  4. UPT Damkar Periuk, Jalan Villa Tgr. Regensi No. 113, RT. 009/RW. 005, Kelurahan Gembor, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang
  5. UPT Damkar Batuceper, Dunia Bangunan (Poris Jaya), RT. 001/RW. 001, Kelurahan Poris Jaya, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang
  6. Pos Damkar Pinang, Belakang Kantor Kecamatan Pinang, RT. 004/RW. 004, Kelurahan Kunciran Jaya, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang
  7. Pos Damkar Benda, Jalan Atang Sanjaya, RT.001/RW. 006, Kecamatan Benda, Kota Tangerang
  8. Pos Damkar Keroncong Indah, Perumahan Keroncong Permai, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. (Rls/tangerangkota.go.id)

Leave a Reply