BisnisTravel

KMP Wira Samaeri Siap Operasi, Alternatif Baru Penyeberangan Padang – Kepulauan Mentawai

117
×

KMP Wira Samaeri Siap Operasi, Alternatif Baru Penyeberangan Padang – Kepulauan Mentawai

Share this article

“Jadwal operasional KMP Wira Samaeri akan diatur sedemikian rupa sehingga tidak bertepatan dengan jadwal layanan kapal dari PT ASDP Indonesia Ferry,”

Seketika.com, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sumatera Barat mengumumkan bahwa kapal komersil KMP Wira Samaeri akan segera memulai operasinya untuk melayani rute Padang – Kepulauan Mentawai.

“KMP Wira Samaeri telah bersandar di Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus untuk melayani jalur penyeberangan dari Padang menuju Kepulauan Mentawai,” ungkap Kepala BPTD Kelas II Sumatera Barat, Muhammad Majid, Kamis (22/2/2024).

Kabar baik ini disambut dengan antusias oleh Kasi Sarana dan Angkutan TSDP, Yugo Kristanto. Menurutnya, keberadaan kapal komersil akan membantu mengurangi kepadatan lalu lintas penyeberangan dari dan menuju Kepulauan Mentawai melalui Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus yang saat ini hanya dilayani oleh dua kapal milik ASDP, yaitu KM Ambu-ambu dan KM Gambolo.

Selain itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, Dedy Diantolani menyatakan bahwa rapat koordinasi terkait penjadwalan operasional layanan kapal ini telah dilakukan untuk menghindari tumpang tindih jadwal layanan antara jadwal kapal dari PT ASDP Indonesia Ferry, kapal perintis, dan kapal komersil.

“Kesepakatan jadwal bersama seluruh pemangku kepentingan dan operator ini juga bertujuan untuk menjaga transparansi sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan,” tambah Dedy.

Leave a Reply