Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
Pemerintahan

Sekda Sumarno : Komisi Irigasi wadah koordinasi semua stakeholder terkait irigasi

280
×

Sekda Sumarno : Komisi Irigasi wadah koordinasi semua stakeholder terkait irigasi

Share this article

seketika.com, SEMARANG – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, mengukuhkan Komisi Irigasi Provinsi Jateng periode 2023-2026, di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Provinsi Jateng, Selasa (15/8/2023).

Dengan pengukuhan tersebut, diharapkan manajemen irigasi menjadi lebih efektif, efisien, lestari, dan ketahanan pangan terus terjaga.

“Irigasi ini menjadi peran yang sangat penting terkait ketahanan pangan di Jawa Tengah. Karena produksi-produksi pertanian kita banyak di-support dari irigasi. Mungkin kalau dari persentase produk kita yang beririgasi teknis dengan yang tidak beririgasi teknis, lebih banyak di irigasi teknis,” ujar Sumarno, seusai pengukuhan Komisi Irigasi Provinsi Jateng.

Sekda menjelaskan, dengan adanya Komisi Irigasi yang merupakan lembaga koordinasi dan komunikasi antara wakil pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/ kota, serta pengguna air dan jaringan irigasi, diharapkan koordinasi, kolaborasi, dan kerja sama antaranggota, dapat berjalan lebih efektif. Dengan infrastruktur irigasi yang baik, maka upaya pencapaian ketahanan pangan melalui penyediaan air irigasi untuk kegiatan pertanian.

“Komisi Irigasi ini menjadi wadah untuk koordinasi semua stakeholder yang ada terkait irigasi. Jadi dengan adanya wadah ini, koordinasi, kolaborasi, dan kerja sama tentu akan berjalan lebih efektif,” katanya.

Menurutnya, keberadaan Komisi Irigasi sangat diperlukan, mengingat ketahanan produksi pangan di Jateng sangat tergantung pada irigasi. Karenanya, perhatian pemerintah terhadap irigasi pertanian terus ditingkatkan. Di antaranya melalui pembangunan saluran infrastruktur irigasi di berbagai daerah, sehingga penggunaan air lebih efektif dan efisien.

Leave a Reply