Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
PemerintahanPendidikan

Sekolah Gratis, Jabar dan Sumut Ingin Tiru Model SMK Negeri Jateng

222
×

Sekolah Gratis, Jabar dan Sumut Ingin Tiru Model SMK Negeri Jateng

Share this article

Sekolah gratis di Jateng luar biasa, karena tak hanya membangun aspek fisik, juga mental peserta didik

Seketika.com, Semarang – Pola pengentasan kemiskinan lewat pendidikan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui SMK Negeri Jateng, dilirik provinsi lain. Hal itu tergambar dari kunjungan Bappeda Provinsi Jabar dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara ke kampus SMK N Jateng, untuk dapat mereplikasi sekolah gratis bagi siswa tak mampu di daerah mereka.

Seperti kunjungan yang dilakukan Bappeda Jabar, ke Kampus SMK Negeri Jateng di Semarang Kamis (12/10/2023). Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Jawa Barat Anne Carolina mengatakan, kunjungannya untuk memperoleh ilmu bagaimana pengelolaan boarding school untuk siswa miskin.

Menurutnya, Jabar belum memiliki sekolah yang memang khusus siswa dari kalangan tidak mampu. Ia menambahkan, kunjungan kali ini nantinya berguna untuk menyusun perencanaan, baik kurikulum, program maupun pendanaan sekolah asrama di Jawa Barat.

Selain itu, Anne menilai sekolah gratis di Jateng luar biasa, karena tak hanya membangun aspek fisik, juga mental peserta didik.

“Di Jabar ada SMK khusus perikanan yang alumninya dihubungkan kepada dunia industri di Jepang. Namun sifatnya inklusif, tidak khusus untuk masyarakat miskin. Nah ini hal baru, yang kemungkinan kalau kita nanti bangun boarding schooll, kita bisa adopt success story yang dimiliki oleh SMK Negeri Jawa Tengah,” tuturnya.

Leave a Reply