Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
BisnisPemerintahan

Setahun Digagas, Program Plastic Smart City Memperlihatkan Hasil

274
×

Setahun Digagas, Program Plastic Smart City Memperlihatkan Hasil

Share this article

Seketika.com, Bogor – Saat mengunjungi Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) Mekarwangi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengungkapkan, setahun digagas program Plastic Smart City akhirnya memperlihatkan hasil, mulai dari memilah sampah plastik yang awalnya tidak memiliki nilai dirubah menjadi satu produk yang bernilai ekonomi.

Dalam kunjungan tersebut Syarifah Sofiah secara langsung mendapatkan penjelasan ujicoba proses pengolahan sampah plastik menjadi sebuah produk.

Tercatat, sejak tahun 2018 Kota Bogor telah mengeluarkan kebijakan pengurangan penggunaan kantong plastik di pasar-pasar modern maupun pasar tradisional yang secara khusus masih terus digencarkan.

“Alhamdulillah akhirnya terwujud, Kota Bogor menjadi salah satu yang menjalani program Smart Cities Plastic. Dalam waktu 1 tahun bisa terwujud, luar biasa. Semoga konsisten dalam pengelolaan sampah plastik,” kata Syarifah yang mendampingi Direktur Konservasi WWF Norwegia, Andrew Fitzgibbon dan CMT Director Program WWF Indonesia, Irfan Bakhtiar, di TPS3R Mekarwangi, Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jumat (15/9/2023).

Kepada semua yang hadir, diperlihatkan proses pengolahan sampah plastik menjadi sebuah produk yang diawali dengan pemilahan kemudian masuk proses pencacahan yang selanjutnya dipanaskan dalam sebuah mesin yang dibuat komunitas Sumpah Sampah dengan suhu panas tertentu dan dicetak, sehingga menghasilkan produk berupa batang atau papan plastik dan lainnya yang bisa digunakan untuk berbagai macam kepentingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *