Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
Peristiwa

BMKG Kota Tangerang Pastikan Belum Masuk Musim Penghujan Secara Penuh

182
×

BMKG Kota Tangerang Pastikan Belum Masuk Musim Penghujan Secara Penuh

Share this article

Seketika.com, Tangerang – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui hasil pemantauan dan analisa di Stasiun Geofisika Kelas 1 Tangerang telah merilis mengenai prediksi musim penghujan yang akan segera tiba di Kota Tangerang.

Pejabat Madya Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) BMKG, Maria Evi Trianasari menuturkan, berdasarkan perhitungan hasil Monitoring Dasarian III Oktober 2023 yang telah dilakukan, curah hujan secara umum yang terjadi di Kota Tangerang masih dalam kriteria “rendah” (0-50 mm) hingga “menengah” (150-200 mm). Hal ini menunjukkan, Kota Tangerang saat ini belum memasuki musim penghujan secara penuh atau bisa dikategorikan dalam masa transisi.

“Prakiraan awal musim penghujan di Kota Tangerang saat ini masih dalam kategori hujan ringan, artinya masih akan didominasi cuaca yang kering dengan satu atau dua kali hujan saja dalam sebulan. Terlihat, berdasarkan pemantauan yang sama, musim hujan akan dipastikan datang pada November Dasarian II untuk Kota Tangerang bagian selatan dan Desember Dasarian III untuk Kota Tangerang bagian utara,” ujar Pejabat Madya PMG BMKG, Maria Evi Trianasari, Rabu, (8/11/23).

Ia melanjutkan, berdasarkan prediksi yang dilakukan dalam satu pekan kedepan juga menunjukkan, cuaca di Kota Tangerang secara umum akan didominasi cerah berawan, namun juga berpotensi hujan ringan-sedang di berbagai wilayah tertentu. Meski begitu, BMKG juga terus mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk dapat melakukan langkah-langkah antisipasi dalam menyambut kedatangan musim penghujan ini, terutama di beberapa wilayah yang dinilai rawan banjir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *