Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
InternasionalPemerintahan

Indonesia dan Turki Perkuat Kerja Sama Lawan Kejahatan Transnasional dan Terorisme

355
×

Indonesia dan Turki Perkuat Kerja Sama Lawan Kejahatan Transnasional dan Terorisme

Share this article

Seketika.com, Ankara – Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Turki sepakat memperkuat kerja sama bidang keamanan melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Bidang Keamanan (Security Cooperation Agreement, SCA) oleh Menko Polhukam RI, Moh. Mahfud MD dan Mendagri Turki, Ali Yerlikaya (23/8).

“SCA merupakan pengukuhan atas komitmen kerja sama bidang keamanan Indonesia-Turki yang telah lama disepakati, namun tertunda karena pandemi Covid-19″, tegas Menko Polhukam RI. Beliau menyampaikan bahwa Indonesia dan Turki memiliki pandangan dan kepentingan yang sama terkait isu penanggulangan terorisme dan kerja sama kepolisian yang semakin luas sehingga memerlukan kolaborasi kuat. Menko Polhukan RI menyampaikan bahwa SCA akan menjadi payung dan akan mempercepat finalisasi negosiasi naskah perjanjian turunan antara Polri dan BNPT RI dengan mitranya di Kementerian Dalam Negeri Turki.

Untuk tindak lanjut penanandatanganan ini, Menko Polhukam RI mengundang Mendagri Ali Yerlikaya untuk melaksanakan pertemuan Security Dialogue Meeting (SDM) pertama di Indonesia pada tahun 2024. SDM merupakan sarana dalam mengkaji perkembangan kerja sama keamanan pada bidang penanganan kejahatan transnasional, capacity building, penegakan hukum serta isu terorisme, TPPO, money laundering pendanaan kegiatan terorisme, dan kerja sama kepolisian.

“SDM Indonesia dan Turki tidak hanya wadah untuk mengidentifikasi masalah, namun yang terpenting adalah wahana untuk memutuskan solusi bersama”, pungkas Mahfud MD.

Sementara itu, Mendagri Turki Ali Yerlikaya mengapresiasi kunjungan “saudaranya” Menko Polhukam RI dan upaya penguatan kerja sama Indonesia – Turki di bidang politik, hukum, dan keamanan. Mendagri Turki menyebut Indonesia sebagai mitra strategis Turki di Asia Tenggara. Dalam kesempatan ini, Menteri Yerlikaya juga menyampaikan terima kasih dari Pemerintah Turki atas bantuan kemanusiaan Indonesia kepada masyarakat Turki yang terdampak bencana gempa bumi di tenggara Turki awal Februari 2023.

Menko Polhukam RI dan Mendagri Turki juga mengapresiasi perluasan kerja sama pertahanan dan industri pertahanan kedua negara yang semakin berkembang dan telah melakukan kerja sama yang berfokus pada joint development, joint production, market sharing produk-produk pertahanan dalam skala besar.

Leave a Reply