Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
InternasionalPolitik

KTT ke-11 ASEAN-AS, Amerika Serikat Dukung Implementasi ASEAN AOIP

236
×

KTT ke-11 ASEAN-AS, Amerika Serikat Dukung Implementasi ASEAN AOIP

Share this article
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyamoaikan keterangannya di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Rabu, 6 September 2023. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

Seketika.com, Jakarta – Dukungan terhadap implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) datang dari berbagai pihak, termasuk dari Amerika Serikat. Dukungan tersebut ditegaskan dengan diadopsinya dokumen pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-11 ASEAN-Amerika Serikat (AS) yang digelar di Ruang Cendrawasih 3, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Rabu, 6 September 2023.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangan persnya di hadapan awak media menjelaskan bahwa dokumen yang diadopsi adalah “ASEAN-United States Leaders’ Statement on Cooperation on the ASEAN Outlook on the Indo-Pacific”.

“Berisi komitmen kerja sama implementasi AOIP. Ini adalah implementasi dari bentuk dukungan AS terhadap AOIP,” ujar Menlu Retno .

Lebih lanjut, Menlu Retno menjelaskan bahwa banyaknya dukungan terhadap AOIP juga menekankan kembali bahwa ASEAN berhasil untuk merangkul semua pihak. “Tidak hanya untuk mendukung AOIP, tetapi mengimplementasikan dalam kerja sama-kerja sama yang saling menguntungkan,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *