Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
BudayaPeristiwa

Seniman Vietnam Belajar Seni Jaran Kepang dan Wayang Kedu di Temanggung

225
×

Seniman Vietnam Belajar Seni Jaran Kepang dan Wayang Kedu di Temanggung

Share this article

“Dua pilar utama kebudayaan Temanggung yang dapat menjadi pintu masuk berkembangnya kebudayaan Temanggung untuk dapat dinikmati di kancah internasional.”

Seketika.com, Temanggung – Tiga seniman Vietman akan mengikuti Program Residensi Budaya di Kabupaten Temanggung. Mereka adalah Nguyen Hai Yen (Red), Lam Duy Phương (Kim), dan Hà Thúy Hạng (Hung) Selama 20 hari ke depan, mereka akan mendalami seni budaya Jaran Kepang dan Wayang Kedu.

Kepala Dinbudpar Kabupaten Temanggung, Hendra Sumaryana mengatakan, residensi bertujuan untuk mengenal lebih dalam seni Jaran Kepang dan Wayang Kedu, yang nantinya diharapkan dapat dikolaborasikan dengan seni dan budaya mereka.

“Diharapkan dari program residensi ini akan terjadi sharing knowledge, dan juga tumbuhnya jejaring budaya antar Indonesia dan Vietnam, sekaligus dapat membuka jejaring antar komunitas di Temanggung dan Vietnam,” ujarnya saat audensi dengan Kemendikbudristek dan seniman Vietnam di Ruang Gajah, Kantor Bupati Temanggung, Kamis (2/11/2023).

Ia menambahkan, Wayang Kedu dan Jaran Kepang merupakan dua pilar utama kebudayaan Temanggung yang dapat menjadi pintu masuk berkembangnya kebudayaan Temanggung untuk dapat dinikmati di kancah internasional.

“Kami berharap, seniman dan budayawan Temanggung dapat memanfaatkan kegiatan tersebut untuk saling belajar dan bertukar pengalaman dari pelaku budaya asing tentang pengelolaan event, produksi karya, inovasi dan kolaborasi,” imbuhnya.

Leave a Reply