Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
PemerintahanPendidikan

Belajar Sejarah Nusantara di Museum Dolan Pekalongan

282
×

Belajar Sejarah Nusantara di Museum Dolan Pekalongan

Share this article

Jangan sampai budaya itu tergerus. Dari budaya itulah bisa memberikan sebuah pembelajaran pendidikan karakter. Jadikan museum sebagai rumah belajar dan rumah budaya. Lewat museum kita bisa menikmati karya leluhur di masa lalu sesuai perkembangannya hingga masa kini

Seketika.com, Pekalongan – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah melalui Museum Jawa Tengah Ranggawarsita bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pekalongan Belajar, membuka peluang untuk masyarakat agar bisa mengenal berbagai budaya di nusantara. Caranya dengan gelaran kegiatan Pameran Keliling Museum Dolan Pekalongan “Melukis Nusantara, Merawat Pusaka”, di GOR Jetayu Kota Pekalongan, 10-14 Oktober 2023.

Wali Kota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaid, mengungkapkan, kegiatan pameran tersebut akan sangat bermanfaat sebagai ajang edukasi dan peningkatan literasi kepada masyarakat, tentang berbagai peninggalan sejarah, budaya, atau barang-barang lainnya.

Menurutnya, banyak sekali momentum sejarah di Kota Pekalongan yang bisa dipelajari, misalnya pembangunan Monumen Juang dan Monumen Hoegeng, perubahan nama-nama jalan menjadi nama-nama pahlawan lokal, serta sejarah perjuangan 3 Oktober.

“Mudah-mudahan dengan adanya pameran ini menjadikan para pelajar di Kota Pekalongan semakin mencintai dan ingin mengetahui sejarah-sejarah lokal melalui kunjungan ke museum. Kami juga instruksikan dari Dinas Pendidikan setempat untuk mengajak sekolah-sekolah melibatkan peserta didiknya untuk berkunjung ke Pameran Keliling Museum Dolan Pekalongan di Gor Jetayu,” harapnya.

Kepala Disdikbud Jawa Tengah, Uswatun Hasanah, memaparkan, pendidikan dan kebudayaan merupakan nomenklatur yang tidak terpisahkan karena dari budaya, bisa mengambil sisi pendidikan.

Leave a Reply