Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
PemerintahanPeristiwa

Harga Pangan Stabil di Tangsel Menjelang Iduladha 1445H

127
×

Harga Pangan Stabil di Tangsel Menjelang Iduladha 1445H

Share this article

“Upaya ini juga diterapkan untuk berbagai komoditi lainnya.”

Seketika.com, Tangerang Selatan – Menjelang Iduladha 1445 Hijriah, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan bahwa harga pangan tetap stabil dan tidak terjadi lonjakan inflasi. Sekretaris Daerah Tangsel, Bambang Noertjahjo, menegaskan bahwa meskipun ada peningkatan permintaan pada hari-hari besar seperti Iduladha, berbagai upaya telah dilakukan untuk menjaga kestabilan harga komoditi pangan di pasar.

“Setelah Idulfitri, biasanya harga komoditi turun secara alami. Namun, kita tidak bisa menjadikan itu sebagai acuan tetap. Kami terus melakukan upaya sesuai dengan roadmap provinsi dan TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Kota Tangsel untuk memastikan ketersediaan komoditi dasar yang cukup, mudah diakses, dan harga yang terkontrol,” ujar Bambang pada Kamis (13/06/2024).

Bambang menjelaskan bahwa Pemkot Tangsel bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk memantau harga melalui sistem indikator harian atau Indeks Pergerakan Harga (IPH), yang memberikan hasil yang lebih rasional.

“Dan dari dasar itu (IPH), terlihat harga yang terbentuk di pasar-pasar dibandingkan parameter-parameter nasional atau provinsi, semuanya saat ini berada dalam posisi yang stabil,” tegasnya.

Untuk memastikan ketersediaan komoditi demi menjaga kestabilan harga atau inflasi, Tangsel juga menjalin kerjasama dengan daerah-daerah penghasil produksi, seperti sentra-sentra beras, dan bekerja sama dengan Bulog untuk menjaga pasokan beras.