Scroll untuk baca Berita

Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
BudayaTravel

Kampung Adat Gebong Memarong, Destinasi Wisata Unik di Babel

182
×

Kampung Adat Gebong Memarong, Destinasi Wisata Unik di Babel

Share this article

“Inilah potret Indonesia, keragaman itu ada di sini, artinya lembaga adat mapur ini mengajarkan keragaman di tengah masyarakat Indonesia,”

Seketika.com, Bangka – Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu kunjungi Kampung Adat Gebong Memarong di Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda Kec. Belinyu, Kab. Bangka, Selasa (18/04/23).

Kampung Adat Gebong Memarong adalah kumpulan rumah-rumah adat disatukan menjadi satu kompleks atau menjadi suatu desa.

Berdasarkan penjelasan Arsi Harmoko, salah seorang penduduk setempat menuturkan, bahwa memarong atau rumah adat suku mapur sesungguhnya sudah punah.

Oleh sebab itulah, masyarakat setempat berinisiatif untuk melestarikan budaya tersebut agar tidak punah, sehingga terwujudlah Kampung Adat Gebong Memarong berlokasi di Dusun Air Abik desa Gunung Muda Kec. Belinyu Kab. Bangka.

“Memarong ne peninggalan leluhur dulu ne lah rumah nek akek kite dulu, (Memarong ini peninggalan leluhur, ini lah rumah nenek dan kakek kita dulu) saat ini rumah Memarong sudah tidak ada lagi, karena masyarakat sudah membangun rumah semi modern, jadi oleh lembaga adat, Rumah Memarong di bangun kembali, supaya generasi muda tauh kalau dulu nenek moyang kita memiliki rumah adat seperti ini,” ujar Arsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *