Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
KesehatanPolitik

Komisi IX Nihayatul : Kemenkes Wajib Sosialisasi Masif Penanganan dan Pencegahan Cacar Monyet

168
×

Komisi IX Nihayatul : Kemenkes Wajib Sosialisasi Masif Penanganan dan Pencegahan Cacar Monyet

Share this article

“Saya pikir juga tenaga kesehatan, perlu paham betul dengan gejala cacar monyet ini. Apakah mereka sudah tahu betul secara umum bedanya penyakit ini dan bagaimana mereka memproteksi diri.”

Seketika.com, Jakarta – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh meminta Kementerian Kesehatan agar masif melakukan sosialisasi terkait penanganan dan pencegahan penyakit cacar monyet. Menurutnya, masyarakat berhak mendapatkan informasi yang akurat dan valid mengenai penyakit cacar monyet mulai dari antisipasi hingga penanganan kasus.

Hal itu disampaikan Ninik, sapaan akrab Nihayatul kepada Parlementaria usai Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang ke – II di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

“Kasus ini sebenarnya tentu bisa segera dicegah karena ini menularnya kan harus bersentuhan yah, bukan virus seperti covid. Jadi, tentu kalau kita sudah bisa mendeteksi orangnya, tentu dengan adanya pencegahan dan mengobati untuk tidak berkontak dengan orang lain ini penting sekali. Nah, saya menyarankan bagaimana sosialisasi kemasyarakatan karena sekarang ini kan cacar monyet informasinya belum menyeluruh kepada masyarakat,” Kata Ninik.

Ninik menyampaikan, masyarakat Indonesia butuh informasi yang valid terkait wabah penyakit tersebut agar tidak menimbulkan informasi simpang siur dan ketakutan. Dengan adanya informasi yang menyeluruh, ia berharap masyarakat lebih aware dan waspada dengan mengenali gejala cacar monyet.

“Saya pikir juga tenaga kesehatan, perlu paham betul dengan gejala cacar monyet ini. Apakah mereka sudah tahu betul secara umum bedanya penyakit ini dan bagaimana mereka memproteksi diri. Nah, ini yang harus Kemenkes sosialisasikan kepada tenaga kesehatan di bawah,” papar Politisi dari Fraksi PKB ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *