Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
PeristiwaTeknologi

Pertama Di Asia, Laboratorium Pemurnian Bahan Bakar Nuklir Di Bandung

294
×

Pertama Di Asia, Laboratorium Pemurnian Bahan Bakar Nuklir Di Bandung

Share this article

“ThorCon-ITB Molten Fuel Salt Lab” sebagai aset berkelanjutan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dibidang energi nuklir di Indonesia,”

Seketika.com, Bandung – Dalam upaya mewujudkan pembangunan PLTN berbasis teknologi Molten Salt Reactor, PT ThorCon Power Indonesia berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) meresmikan “ThorCon-ITB Molten Salt Lab” yang merupakan laboratorium pemurnian bahan bakar nuklir pertama di Asia yang berlokasi di Workshop PT ANK, Kawasan Industri De Prima Terra, Tegalluar Bandung.

Laboratorium yang berdiri di atas 2 kontainer ini merupakan hasil desain serta pengembangan bersama dengan PT AIMTOP Indo Nuansa Kimia. Dengan fokus utama laboratorium ini adalah penelitian mengenai Molten Fuel Salt sebagai bahan bakar reaktor ThorCon TMSR500.

Direktur Operasi PT ThorCon Power Indonesia, Bob S Effendi berharap, sebagai Laboratorium pertama di Asia, “ThorCon-ITB Molten Fuel Salt Lab” bisa menjadi embrio yang menjanjikan bagi potensi pengembangan pabrik bahan bakar nuklir di Indonesia.

“Saat ini ThorCon memiliki 2 pilar, pertama merupakan desain hingga konstruksi yang ditargetkan PLTN dapat dimanfaatkan di Indonesia pada tahun 2027, apabila sudah mendapatkan payung hukum dari pemerintah,” ucap Boy, usai peresmian, Senin (27/11/2023).

“Pilar kedua adalah bahan bakar. Nantinya antara konstruksi dan bahan bakar akan bertemu di tahun 2028.” PT ThorCon Power Indonesia juga berkomitmen untuk menjadikan “ThorCon-ITB Molten Fuel Salt Lab” sebagai aset berkelanjutan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dibidang energi nuklir di Indonesia,” imbuhnya.

Menurut Boy, setelah beroperasi selama 5 tahun, target dari Laboratorium ini adalah membuat pilot plant dan diharapkan nantinya akan dibangun pada komplek ITB Jatinangor yang kemudian akan dihibahkan kepada ITB sesuai yang tertera pada perjanjian.

Leave a Reply