Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
PemerintahanPendidikan

Tiga Langkah Kominfo Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

160
×

Tiga Langkah Kominfo Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

Share this article

“Raden Ajeng Kartini pernah berkata bahwa jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba, jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang”

Seketika.com, Jakarta – Indonesia merupakan salah satu negara yang tergabung dalam keanggotaan International Telecommunication Union (ITU). Sebagai organisasi sayap Perserikatan Bangsa-Bangsa, ITU memiliki perhatian dalam peningkatan peran perempuan di sektor teknologi informasi dan komunikasi. Setiap tahun, negara anggota ITU memperingati Girls In ICT Day pada Kamis keempat di bulan April. Peringatan Girls In ICT Day bertujuan untuk menjembatani kesenjangan digital antargender.

“Tahun ini Girls In ICT Day 2023 mengusung tema Digital Skills dan Literacy for Life merupakan suatu platform yang dibentuk untuk membekali perempuan tentang pentingnya peran TIK baik dalam pengembangan karir maupun pencapaian aspirasi,” jelas Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba dalam Forum Girls In ICT Day Indonesia 2023 di Jakarta Pusat, Senin (30/10/2023).

Menurut Sekjen Mira Tayyiba, Kementerian Kominfo telah menjalankan berbagai program untuk mendorong pemberdayaan dan kemajuan perempuan di bidang teknologi digital.

“Misalnya, kita punya Gerakan Nasional Literasi Digital, dimana Kominfo bersama para mitra komunitas masyarakat memberikan pelatihan kecakapan digital bagi masyarakat umum termasuk perempuan mengenai kecakapan digital, etika digital, budaya digital dan keamanan digital,” ujarnya.

Sekjen Kementerian Kominfo menyatakan beberapa modul dalam program GNLD membahas langkah-langkah literasi digital bagi keluarga, anak, dan cara mengenali hoaks dan menghadapi kekerasan berbasis gender online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *