Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
KesehatanOpini

Pajanan Rokok Berpotensi Sebabkan Anak Jadi Stunting

421
×

Pajanan Rokok Berpotensi Sebabkan Anak Jadi Stunting

Share this article

Pajanan rokok berpengaruh bukan saja setelah lahir, tapi di dalam kehamilan pun itu sudah sangat berpengaruh kepada bayi..”

Seketika.com, Belitung – Pajanan rokok merupakan masalah yang sangat serius bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak. Anak-anak yang terpapar asap rokok memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami stunting. Stunting adalah kondisi dimana anak memiliki pertumbuhan yang terhambat, sehingga anak menjadi lebih pendek dari anak-anak seusianya.

Pajanan rokok bisa terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung. Pajanan langsung adalah ketika anak-anak terpapar asap rokok karena orang dewasa merokok di dekat mereka. Sedangkan pajanan tidak langsung adalah ketika anak-anak terpapar asap rokok dari udara yang terkontaminasi di sekitar mereka.

Asap rokok mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Beberapa bahan kimia tersebut dapat merusak organ tubuh dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Selain itu, asap rokok juga mengandung karbon monoksida yang dapat menghambat oksigen yang masuk ke dalam darah.

Perwakilan dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, dr. Feni Fitriani Taufik menjelaskan di Rumah Sakit Persahabatan pernah ada penelitian pada bayi. Ada tiga kelompok bayi yang dilahirkan, yakni dari ibu yang tidak merokok, ibu yang jadi perokok pasif dan ibu perokok aktif. Hasilnya didapatkan bahwa pada plasenta bayi dengan ibu perokok aktif dan pasif itu sama-sama ditemukan nikotin. Kemudian dari waktu lahir pun panjang badan dan berat badan bayi jauh lebih kecil dan lebih pendek dibandingkan dengan bayi yang lahir dari ibu yang tidak merokok.

Jadi, Pajanan rokok berpengaruh bukan saja setelah lahir, tapi di dalam kehamilan pun itu sudah sangat berpengaruh kepada bayi.

Leave a Reply