Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
BudayaPeristiwaTravel

Pesona Pandanrejo Purworejo, Juara Desa Wisata Jateng 2023

396
×

Pesona Pandanrejo Purworejo, Juara Desa Wisata Jateng 2023

Share this article
Batik Khas Desa Wisata Pandanrejo, Foto jatengprov.go.id

“Seru banget kesannya berkunjung di Gori Dampyak (salah satu peternakan kambing ras Kaligesing) Diajak merah susu kambing. Saya jadi tahu rasanya susu kambing. Seger banget. Biasanya susu kambing prengus. Tapi ini segar dan tidak prengus,”

Seketika.com, Kulon Progo – Perbukitan Menoreh yang memanjang dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dan Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pagi di akhir pekan kemarin tertutup kabut mendung.

Sinar matahari baru menerobos perbukitan di Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, sekira pukul 06.30 WIB. Hamparan hijau pepohonan nan menawan, menjadi lebih indah saat terkena cahaya mentari.

Udara yang masih sejuk juga membuat sejumlah pedagang kambing ras Kaligesing peranakan etawa, berduyun-duyun memenuhi Pasar Hewan Desa Pandanrejo. Tua, muda, hingga anak-anak, sebagian besar sibuk dengan kambing. Pasar yang ada setiap Sabtu itu, merupakan salah satu unggulan Pandanrejo.

Baik pemandangan alam yang menawan, atau kambing ras Kaligesing, merupakan potensi Desa Pandanrejo. Maka tak heran jika, pesonanya membuat siapa yang melihatnya jatuh hati.

Bahkan, Pemprov Jateng menobatkan Dewa Pandan, begitu akronim dari Desa Wisata Pandanrejo, sebagai juara pertama Gelar Desa Wisata Jawa Tengah Tahun 2023. Desa di kaki perbukitan Menoreh itu menjadi terbaik di even itu.

Pengelola Dewa Pandan, Kristian Eko Rahardityo membeberkan, desanya memang baru saja meraih juara di Gelar Desa Wisata Jateng. Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jateng memberikan penilaian maksimal ke desanya.

Leave a Reply