Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
PeristiwaTravel

Rekomendasi 10 Wisata Kota Tua Indonesia wajib Dikunjungi

240
×

Rekomendasi 10 Wisata Kota Tua Indonesia wajib Dikunjungi

Share this article

“Masih ada banyak kawasan Kota Tua lainnya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Setiap Kota Tua memiliki ciri khas bangunan, serta peninggalan sejarah dan budaya yang berbeda-beda”

Seketika.com, Jakarta – Banyak kegiatan yang bisa dilakukan dalam menyambut Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November. Selain jalan-jalan ke museum dan mengenang perjuangan para pahlawan, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk jalan-jalan ke kawasan Kota Tua yang menyimpan banyak sejarah.

Banyak orang yang mengira, kawasan Kota Tua hanya ada di Semarang dan Jakarta. Padahal, masih ada banyak kawasan Kota Tua lainnya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, setiap Kota Tua memiliki ciri khas bangunan, serta peninggalan sejarah dan budaya yang berbeda-beda.

Sebagai referensi, berikut daftar 10 Kota Tua di Indonesia yang menarik dikunjungi saat liburan:

Kota Lama Semarang

Salah satu kawasan Kota Tua di Indonesia identik dengan Kota Lama Semarang. Buat yang belum tahu, Kota Lama Semarang merupakan kawasan cagar budaya yang banyak menyimpan bangunan peninggalan Hindia Belanda sejak ratusan tahun silam.

Salah satu ikon Kota Lama Semarang yang hampir selalu menjadi incaran wisatawan adalah Gereja Blenduk. Bangunan gereja ini memiliki ciri khas atap berbentuk kubah setengah bola. Konon, gereja ini sudah ada lebih dari 250 tahun dan dibangun oleh bangsa Portugis pada 1753.

Kota Tua Jakarta

Selanjutnya Kota Tua Jakarta, salah satu ikon wisata di Jakarta yang sarat akan nilai sejarah pemerintahan Kolonial. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya bangunan peninggalan bersejarah yang masih terjaga dengan baik, seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, dan Jembatan Kota Intan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan Kota Tua Jakarta, mulai dari berkeliling naik sepeda ontel jadul, memberi makan burung, hingga wisata kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *