Berita Seketika Pemilu dan Pilkada 2024, click here
PemerintahanTeknologi

Command Center Kota Makassar Jadi Role Model Diskominfo Kabupaten Bogor

230
×

Command Center Kota Makassar Jadi Role Model Diskominfo Kabupaten Bogor

Share this article

“Big data sudah harus dikelola satu pintu di Diskominfo. Semuanya terintegrasi di Diskominfo”

Seketika.com, Makassar – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor saat ini tengah membangun command center sebagai bentuk inovasi pelayanan publik.

Kota Makassar dijadikan role model dan lokus benchmarking, karena dianggap berpengalaman mengelola command center yang sudah dimiliki sejak tahun 2016. Hal ini dikatakan Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Bayu Ramawanto saat berkunjung ke Diskominfo Kota Makassar, Jumat (3/11/2023).

Command center atau pusat kendali Kabupaten Bogor nantinya menjadi pusat visualisasi dan integrasi data Kabupaten Bogor yang dilengkapi dengan berbagai infrastruktur untuk kegiatan monitoring, koordinasi dan pengambilan keputusan. Keberadaanya dapat mewujudkan konsep smart city yang merupakan sebuah konsep bagaimana mengelola kota, dengan cara-cara yang cerdas. Sebagai upaya meningkatkan pelayan publik, dan akan berdampak kepada tingkat pertumbuhan ekonomi.

Fungsi command center adalah sebagai pusat kendali, memudahkan koordinasi dengan perangkat daerah. Memudahkan monitoring situasi secara real time sebagai sumber informasi untuk pengambilan keputusan, mempercepat respon laporan atau aduan masyarakat, mempercepat respon tanggap bencana, dan sebagai sumber informasi untuk masyarakat.

Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Bayu Ramawanto menjelaskan command center merupakan salah satu bentuk inovasi yang bisa berbagi pakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *